photo PROMO_zpsdc816b8f.gif


Sabtu, 19 November 2011

Tips Aman Bertransaksi Online

Selain menawarkan peluang dan bermanfaat sebagai sarana  berbisnis, wahana internet juga menyimpan banyak kerawanan terhadap tindak kejahatan. Mulai dari penipuan sampai pembobolan r ekening bank. Oleh karena itu, agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan kita (baik sebagai penjual ataupun pembeli) harus cermmat dalam bertransaksi via online. Berikut ini beberapa tips aman dalam bertransaksi online.
  1. Masih ingat kasus pembobol rekening bank tahun 2010 lalu dengan modus menyamarkan website sebuah bank besar di Indonesia? Oleh karena itu, kenali web asli. Cermati domain dan URL-nya. Jangan sampai salah dan username serta password rekening bank Anda malah dicuri oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.
  2. Transaksi dalam jumlah besar atau barang elektronik sebaiknya dilakukan di tempat usaha atau jika jaraknya jauh minta tolong kepada kerabat yang dekat dengan tempat transaksi untuk mewakili transaksi tersebut.
  3. Kalaupun terjadi transaksi via online, cek & recek selalu dokumen legalitas dan testimonial penjualnya. Cari info seputar orang yang pernah bertransaksi dengannya, apakah benar penjual tersebut bisa dipercaya.
  4. Cek dan recek kontak penjual. Penjual yang susah dihubungi atau kontak yang tidak jelas patut kita curigai.
  5. Cocokkan kembali nomor rekening dengan identitas penjual atau usahakan menggunakan media rekening bersama (beberapa forum penjualan menyediakannya).
  6. Jangan hiraukan email yang menyuruh berkunjung ke sebuah link tertentu yang berisi form login atau tawaran yang mencurigakan lainnya.
  7. Cek & recek kembali jika ada SMS yang menyuruh Anda untuk mentransfer uang ke rekening tertentu apakah benar dari penjual yang bertransaksi dengan Anda dan jika tidak Anda merasa bertransaksi abaikan saja.
  8. Hindari mengakses internet banking di warnet atau layanan umum lainnya dan aktifkan antivirus / spyware pada laptop/PC Anda untuk menghindari tindakan tidak bertanggung jawab terhadap username & password internet bangking Anda.
Dengan menjadi bijak dalam bertransaksi diharapkan kita akan lebih aman & terhindar dari berbagai tindak kejahatan yang mungkin terjadi.



Ingin ngobrol sama Provokator Pengusaha?

Atau share artikelnya :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar