photo PROMO_zpsdc816b8f.gif


Rabu, 28 Desember 2011

Kenapa Nge-Blog?

Setelah sekian lama menulis di blog ini dan melalui Twitter @KataPengusaha akhirnya saya sampai pada pertanyaan :

"Kenapa saya menulis blog?"
Pertanyaan singkat tetapi cukup dalam maknanya. Yaitu ketika tanpa sadar banyak di antara kita yang memulai aktivitas blogging karena mencari popularitas atau imbalan dari iklan / adsense. Seperti beberapa klien saya yang meminta agar website/blognya ada di urutan pertama indeks pencarian Google dengan keyword tertentu. Apalagi alasannya supaya web nya dapat ditemukan dengan mudah oleh konsumen targetnya (kebetulan web/blog itu adalah situs jual beli online).

Sama halnya dengan layanan micro-blogging seperti Twitter, yang saat ini ramai oleh akun dengan target mencari followers sebanyak-banyaknya (alasan popularitas). Teman saya contohnya, dengan rutin melihat jumlah followersnya yang berkurang atau bertambah setiap hari. Dan yang lebih parahnya lagi, ada juga jasa pencarian followers bahkan jual beli akun twitter dengan estimasi harga tergantung jumlah followersnya.

Lah, bukannya SEO itu penting untuk blogger?

Nah, ketika kita terjebak oleh suatu ratting seperti SEO dan jumlah followers seperti itu, maka apa bedanya kita dengan "buruh ketik" yang hanya menulis blog karena popularitas atau sesuatu yang sebenarnya tidak kita sukai. Terlepas dari manfaat SEO dan jumlah followers yang dapat meningkatkan citra kita sebagai blogger, jika kita melakukan blogging dengan hanya tekanan rating seperti itu tulisan kita niscaya tidak akan menjadi sebuah karya yang baik tetapi akhirnya hanya menjadi suatu komoditas yang tidak ada nilainya.

Bukankah banyak juga artis yang sekarang terkenal karena blognya yang ramai dan mereka sukses dengan karyanya?

Ketika diri kita diikat oleh popularitas, maka saat popularitas itu hilang niscaya seketika itu kita akan merasa sudah mati. Setidaknya itulah yang saya pegang dari hasil belajar saya kepada @pidibaiq. Menulis seadanya saja sesuai minat kita, biarkan popularitas mencari jalannya sendiri dengan tidak menyalahi hati nurani.

Lalu, apa alasan saya menulis blog?

Alasannya sederhana :

Dengan membaca kita tahu dunia, dengan menulis kita mempengaruhi dunia. Dengan membaca kita tahu pikiran orang lain, dengan menulis orang lain menjadi tahu apa yang kita pikirkan. 


Ingin ngobrol sama Provokator Pengusaha?

Atau share artikelnya :

1 komentar:

  1. kalo alasan saya ngeblog pengen ngeluarin uneg2 saya,juga pengen dapat uang dari blog,,

    BalasHapus